Menu Close

Masalah yang sering terjadi pada mesin fotocopy

Masalah yang sering terjadi pada mesin fotocopy

Masalah yang sering terjadi pada mesin fotocopy :

  • Kertas Macet.
  • Kertas Terlipat atau Kusut.
  • Terdapat Garis Pada Hasil Copy
  • Hasil Cetak Terlalu Gelap atau Terang.
  • Error code pada layar mesin

Mengatasi kertas sering macet

Beberapa hal yang mengakibatkan jam paper/  kertas macet, tidak keluar dari mesin fotocopy antara lain Kertas berukuran tidak sesuai. dengan yang dibutuhkan mesin fotocopy , Kertas terlalu lembab, kertas terlalu tipis ukurannya, sisa-sisa debu kertas banyak berserakan,  tumpahan toner/ tinta yang mengganggu jalur feeding kertas, dan kotoran lainnya dapat menyebabkan kertas macet. Saat kertas jams/macet, lepaskan kertas dengan menariknya ke jalur alami yang akan mengikuti mesin. Bersihkan kotoran debu kertas, bersihkan tumpahan toner dari sisi ke sisi dapat merusak roller dan memperburuk masalah jams paper.

Garis pada Halaman – masalah garis pada halaman hasil fotocopyan , bersihkan permukaan kaca dengan pembersih kaca, jika hasil garis/ bercak tidak berpindah-pindah lokasinya pada hasil cetakan, jika hasil garis/ bercak berpindah-pindah pada tiap-tiap hasil copyan, coba untuk mengecek bagian sisi dalam dari kartridge drum. Lihat umur masa pakai dari kartridge drum jika perlu ganti dengan kartridge baru.   Jika ini masih tidak menyelesaikan masalah, hubungi teknisi untuk melihat unit

Dark / Light Copies – Mulailah dengan menyesuaikan pengaturan paparan salinan Anda. Jika ini tidak berhasil, periksa kartrid toner Anda karena ini sering menjadi indikasi bahwa toner kehabisan atau mengeluarkan terlalu banyak toner per salinan.

Area Suara – Jika Anda melihat area yang kosong pada salinan, Anda harus membersihkan kabel di dalam mesin. Beberapa mesin dapat melakukan tugas ini secara otomatis, jadi Anda harus berkonsultasi dengan manual pemilik Anda untuk memasukkan perintah yang sesuai. Jika setelah membersihkan kabel Anda masalah tidak terselesaikan, periksa kelembaban di dalam mesin fotokopi, dan coba gunakan kertas berkualitas tinggi untuk mengetahui apakah masalah ini dapat menyelesaikan masalahnya.

Halaman Berkeringat PagesWrinkled Pages – Halaman yang keluar dari mesin dengan keriput di dalamnya dapat menunjukkan umpan usang, atau rol keluar / fuser yang rusak. Kedua hal ini memerlukan bantuan teknisi agar benar.

Suara Ganjil – Mesin fotokopi membuat keributan, tapi beberapa suara tidak boleh terjadi. Jika Anda memperhatikan rengekan, bersiul, berderit, atau retak, carilah penghalang dalam sistem umpan dan nampan kertas. Hapus apa pun yang Anda temukan, dan jika ini tidak menyelesaikan masalah, hubungi teknisi untuk mendapatkan bantuan.

Bau – Secara khusus, bau berasap. Jika Anda memperhatikan bau asap, bisa jadi karena kabel yang salah atau selembar kertas yang menempel pada fuser. Dalam kedua kasus, matikan mesin segera dan lakukan inspeksi. Jika Anda menemukan kertas, lepaskan dan biarkan mesin dingin. Jika Anda tidak menemukan kertas sebagai penyebabnya, itu mungkin kawat yang dikepang dan Anda harus mematikan mesin dan segera menghubungi layanan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *